Struktur Organisasi

Semua bidang yang menjadi tanggung jawab Koordinator Program Studi serta unsur-unsur pelaksana tugas  yaitu Koordinator Penunjang Prodi di bidang Akademik, Kemahasiswaan, Pengembangan Kurikulum, Koordinator Laboratorium, Gugus Kendali Mutu, dan Dosen. Struktur organisasi sebagai bentuk jalur komando, koordinasi serta jalur akademik dapat dilihat pada gambar Dibawah ini.

Tugas Pokok dan Fungsi

Adapun tugas dari tiap komponen jabatan di Program Studi adalah sebagai berikut,

    1. Koordinator Program Studi

Tugas Pokok :

Menyusun rencana, memberi petunjuk dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pengajaran yang dilaksanakan dosen di lingkungan program studi berdasarkan ketentuan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan tugas

Wewenang dan Tanggung Jawab

    • Bertanggung jawab atas keseluruhan pelaksanaan kegiatan di Program Studi
    • Mengusulkan staf yang akan duduk dalam jabatan struktural:
        1. Koordinator Bidang Akademik
        2. Koordinator Kemahasiswaan
        3. Koordinator Pengembangan Kurikulum
        4. KoordinatorLaboratorium
    • Mengusulkan staf yang kompeten untuk melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan program studi
    • Bertanggungjawab langsung bila pejabat struktural lainnya berhalangan hadir, sesuai dengan lingkup kerja

Uraian Tugas :

    • Mengelola pemanfaatan seluruh sumber daya untuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi
    • Menegakkan norma serta kebijakan yang ditetapkan oleh senat akademik dan pimpinan
    • Melaksanakan pengembangan aset program studi yang disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
    • Menetapkan rencana kerja dan mengevaluasi hasil pencapaiannya
    • Melaporkan kinerja satuan kerja kepada Dekan
    • Melaksanakan pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia di lingkungan prodi
    • Melaksanakan koordinasi dengan satuan kerja lain
    • Merumuskan rancangan anggaran pendapatan dan belanja
    • Melakukan evaluasi diri dan tindak lanjut evaluasi diri secara periodic
    • Melakukan evaluasi pengembangan kurikulum, silabus dan satuan acara perkuliahan
    • Menjalin kerjasama dengan mitra untuk perbaikan kompetensi lulusan

 

  1. Bidang Akademik

Uraian Tugas :

    • Melakukan koordinasi dengan koordinator kurikulum tentang penerapan kurikulum dalam perkuliahan di tiap semester
    • Merencanakan dan melaksanakan pendidikan akademik sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan
    • Menyusun jadwal perkuliahan
    • Mempersiapkan kebutuhan administrasi dan sarana/ prasarana yang terkait dengan pelaksanaan pendidikan akademik
    • Mengkoordinasikan pelaksanaan kerja praktek dan skripsi

 

  1. Bidang Kemahasiswaan

Uraian Tugas :

    • Membentuk dan membina himpunan mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Unsam
    • Melakukan pembinaan (bimbingan konseling) kepada mahasiswa guna menunjang prestasi mahasiswa disetiap kegiatan dalam lingkup: internal program studi, fakultas, universitas, luar universitas atau daerah yang mengatasnamakan universitas, fakultas, maupun program studi
    • Memberikan solusi kepada mahasiswa terhadap permasalahan akademik yang dihadapi / menghambat mahasiswa
    • Mengambil kebijakan terhadap mahasiswa yang bermasalah
    • Berkoordinasi dengan koordinator kurikulum untuk melakukan kerjasama dengan instansi lain untuk meningkatkan kapasitas kemampuan mahasiswa
    • Menelusuri jejak dan membentuk ikatan alumni Program Studi Teknik Informatika Unsam
  1. Bidang Pengembangan Kurikulum

Uraian Tugas

    • Melakukan peninjauan terhadap kurikulum pembelajaran pada setiap mata kuliah yang sedang berlangsung
    • Menganalisis kurikulum berjalan pada setiap semester
    • Melakukan evaluasi dan pembaruan terhadap kurikulum mata kuliah yang akan diterapkan pada semester berikutnya
    • Mengkoordinasikan rapat kurikulum dengan seluruh staf dosen pada akhir semester
    • Meningkatkan mutu pembelajaran dan output dari perkuliahan sesuai dengan tuntuntan gugus kendali mutu
    • Membuat laporan berkala kepada Koordinator Program Studi Teknik Informatika Unsam
  1. Koordinator Laboratorium

Uraian Tugas :

    • Membuat tata tertib pelaksanaan praktikum
    • Membuat jadwal penggunaan laboratorium
    • Mengecek dan mengawasi pelaksanaan praktikum
    • Melakukan pengecekan terhadap alat praktikum
    • Membuat pengusulan tentang kebutuhan fasilitas praktikum

 

  1. Dosen

Uraian Tugas :

    • Melaksanakan pengajaran di bidang informatika kepada mahasiswa
    • Melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang informatika yang melibatkan mahasiswa dan dapat diaplikasikan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan serta kesejahteraan masyrakat
    • Membimbing dan mendidik mahasiswa ke arah pembentukan kepribadian insan terpelajar yang berkualitas, mandiri, dan unggul
    • Memperhatikan batas kewenangan dan tanggung jawab ilmiah dalam menggunakan kebebasan mimbar akademik serta tidak melangkahi wewenang keahlian Memperlakukan semua mahasiswa secara adil dan tidak bersikap diskriminatif
    • Berpegang teguh pada asas kebenaran dan etika keilmuan dalam memelihara dan mengembangkan ilmu
    • Menjaga kebebasan akademiknya dan menggunakannya secara bertanggung jawab
    • Mengevaluasi proses dan hasil belajar mahasiswa secara objektif, adil dan dapat dipertanggungjawabkan
    • Mengembangkan suasana demokratis dalam hubungan dengan sesama dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa
    • Memelihara disiplin kerja

 

  1. Gugus Kendali Mutu (GKM)

Uraian Tugas :

    • Melaksanakan koordinasi, pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas yang dilaksanakan oleh anggota
    • Menyusun Standar Penjaminan Mutu program studi dalam melaksanakan tugas dan fungsi penyelenggaraan di Program Studi Teknik Informatika
    • Bertanggung jawab dalam pelaksanaan tugas GKM Program Studi