Sejarah Prodi

Program Studi Teknik Informatika adalah program strata S-1 yang berada di dalam naungan Fakultas Teknik Universitas Samudra. Program Studi Teknik Informatika didirikan pada Tanggal 27 Agustus 2014, dan disahkan pendiriannya melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 361/E/0/2014.

Program Studi Teknik Informatika adalah salah satu Programdi Fakultas Teknik yang mempelajari bagaimana penerapan logika matematika dalam pengelolaan informasi yang dapat meliputi transformasi data atau pengolahan fakta-fakta simbolik dengan memanfaatkan teknologi komputer seoptimal mungkin. Program Studi Teknik informatika menekankan pada kemampuan individu dalam merancang dan mengembangkan ragam algorithma komputasi (teori komputasi dan algorithma), mencakup di antaranya:

a. Spektrum yang sangat beragam, dari yang sangat teoritis dan algorithmis hingga yang bersifat sangat terapan seperti pengembangan robotika dan sistem cerdas.
b. Terbagi menjadi tiga bagian utama:
• Fokus pada teori maupun algorithma yang dipergunakan dalam proses perancangan dan implementasi perangkat lunak.
• Fokus pada teori maupun algorithma yang dipergunakan dalam proses dan perancangan sistem perangkat keras serta komponennya.
• Fokus pada teori maupun algorithma yang dipergunakan sebagai model matematis dalam menyelesaikan permasalahan tertentu.
c. Kurikulumnya sangat kental dengan ilmu pengetahuan terkait dengan logika matematika, komputasi, dan algorithma, yang dalam model terapannya dinyatakan dalam pengembangan program komputer.

Profil Lulusan Teknik Informatika Universitas Samudra
1. Database Engineer/Databasea dministrator.
2. Web Engineer / Web Administrator.
3. Computer Network / Data Communication Engineer.
4. Software Engineer.
5. System Analyst/System Integrator.
6. Intelligent System Developer.
7. Game Developer.