5 Skill Dasar yang Harus Dimiliki Mahasiswa Teknik Informatika

Beberapa tahun terakhir jurusan Teknik Informatika menjadi salah satu jurusan favorit banyak orang. Atas dasar cerahnya jaminan karier di masa depan, Teknik Informatika berhasil membuat banyak orang berlomba-lomba mempelajari ilmu tentang komputer dan bahasa pemograman ini.

Tapi tunggu dulu nih, kalau kamu salah satu orang yang tertarik masuk jurusan ini ada baiknya kalau menyimak terlebih dahulu tentang apa saja skill dasar yang harus dimiliki. Biar nanti gak kaget dan bisa mempersiapkan dari jauh-jauh hari, yuk berikut 5 skill dasar yang harus dimiliki mahasiswa Teknik Informatika!

1. Logika

Dalam jurusan ini kita akan dihadapkan dengan berbagai bahasa pemograman. Meskipun memiliki perbedaan dalam segi model dan penulisan namun sebenarnya semua bahasa pemograman memiliki satu kunci utama yaitu, logika.

Kita membutuhkan penguasaan logika atau pola pikir yang sistematis. Dengan berbekal kemampuan ini dijamin kalian akan mudah mengerti dan mengikuti pelajaran yang ada.

2. Kreativitas

Teknik informatika bukan hanya tentang koding dan bahasa pemrograman lho, karena di balik semua itu kita dituntut untuk bisa merancang sebuah program yang membutuhkan tampilan yang menarik. Kalau kamu beruntung dengan memiliki kemampuan logika dan kreativitas yang bagus, maka kamu akan sangat terbantu selama proses kuliah berlangsung.

3. Ketelitian

Masuk ke dalam dunia programming merupakan suatu keputusan yang menantang, sebab kamu akan dihadapkan dengan rentetan kode dalam berbagai bahasa pemrograman yang sangat banyak. Oleh karena itu, kamu mau gak mau harus mengasah kejelianmu dalam mengerjakan project, seperti menulis dengan cermat setiap huruf dan tanda baca yang memiliki arti tersendiri.

Tapi kamu gak perlu takut, karena semua keluh kesah dan rasa lelah akan terbayarkan dengan rasa puas sekaligus bangga jika program tersebut bisa berjalan dengan lancar nantinya.

4. Ketekunan

Nah, hal ini masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Setelah kamu menulis dengan cermat dan hati-hati pasti sesekali kamu tidak sengaja melakukan kesalahan.

Dari sekian banyak kode yang ada kamu harus mau berjuang untuk mencari dimana letak kesalahan dari program tersebut. Sebaiknya kamu latihan bersabar dan tidak mudah menyerah ya kalau mengambil jurusan ini di dunia perkuliahan.

5. Kerja sama tim

Hal terakhir yang akan sangat membantu proses belajar kalian saat berada di jurusan ini adalah kemampuan dalam bersosialisasi dan menjalin kerja sama. Sebab biasanya suatu project akan dibagi kepada beberapa orang dalam satu tim. Nah untuk bisa menyelesaikan itu semua kamu harus bisa mengetahui bagaimana karakter anggota tim, agar nantinya bisa saling membantu dan mengisi kekurangan satu sama lain.

Well, sesuatu yang indah memang gak akan didapatkan secara instan dan mudah. Pasti ada suka duka dan pengorbanan untuk mendapatkannya. Kalau dari kelima poin di atas kamu kira-kira udah mengusai yang mana aja nih? Kalau masih sedikit atau belum sama sekali, jangan putus asa dan terus semangat ya!